Ibadah Dan Perayaan Natal 2017 Di Tokyo

foto cover

Tokyo, 16 Desember 2017— Kebaktian dan perayaan natal berlangsung meriah di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo. WNI yang datang terlihat antusias dan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara dari pukul 14:00 hingga pukul 18:30 waktu Jepang.

Selain masyarakat Indonesia, hadir pula Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Arifin Tasrif, Wakil Duta Besar Ben Perkasa Drajat, serta beberapa staf KBRI lainnya. Tidak hanya dari KBRI, hadir pula tamu dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda untuk Jepang, Mr. Aart Jacobi selaku Duta Besar.

Sebelum memasuki sesi perayaan natal pada pukul empat sore, diadakan ibadah terlebih dahulu. Ibadah natal kali ini mengambil tema “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu” dengan ayat kunci dari Kolose 3:15 yang berbunyi; “Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah”. Tak lupa dalam ibadah kali ini juga mendoakan Indonesia, khususnya mendoakan keselamatan bagi mereka yang terkena dampak dari gempa yang berpusat di Tasikmalaya pada malam sebelumnya.

Seusai ibadah natal yang khusyuk, rangkaian acara dilanjutkan dengan perayaan natal. Perayaan natal kali ini tidak hanya menyuguhkan lagu-lagu natal, tapi juga lagu maupun tarian daerah untuk menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Sepanjang acara dapat terdengar lagu seperti “Maluku Tanah Pusaka” hingga “Sinanggar Tulo” dinyanyikan serentak oleh para penampil dan juga penonton. Ada juga Tari Sajojo asal Papua yang dibawakan langsung oleh pengkhotbah pada kebaktian sebelumnya, Pdt. Danny Roberto Titaley.

Selain tarian dan nyanyian, ada juga penampilan angklung dengan membawakan lagu-lagu natal dan nasional dari Chiba-Indonesia Society, koor lagu-lagu natal dari KKIT (Keluarga Katolik Indonesia Tokyo), dan juga beberapa tarian dari anak-anak sekolah minggu. Namun yang paling mencuri perhatian adalah penampilan dari Lagu-lagu Kai, sekelompok orang Jepang paruh baya yang pernah tinggal di Indonesia dan mengagumi Indonesia. Tidak hanya lagu natal, mereka membawakan lagu-lagu nasional bahkan lagu-lagu daerah. Terlihat jelas penonton sangat terhibur sehingga suasana menjadi riuh dan ramai karena penonton juga ikut terbawa suasana yang riuh namun menghanyutkan.

foto bersama
Lagu-lagu Kai

Duta Besar Arifin Tasrif mengharapkan, acara natal seperti ini dapat membawakan pesan-pesan kedamaian bagi seluruh umat manusia. Di tengah keributan yang terjadi di sana sini, tentunya banyak yang merindukan suasana kondusif nan damai, dikarenakan jarangnya kita semua merasa demikan.

Spesial pada perayaan natal kali ini pula, akan menjadi perayaan natal Wakil Dubes Ben Perkasa Drajat yang masa tugasnya akan berakhir pada 4 Januari mendatang. Beliau akan kembali ke Indonesia menanti penugasan berikutnya. Semoga natal tahun ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua dan mari kita sambut tahun 2018 dalam hitungan hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *